Rambut merupakan salah satu bagian yang penting untuk mempercantik penampilan. Makanya, tak jarang mereka pun rajin melakukan perawatan agar rambut tumbuh lebat dan sehat. Tetapi, setiap perempuan punya jenis dan tipe rambut yang berbeda. Dan, perbedaan jenis inilah yang kemudian seharusnya bisa dijadikan acuan untuk memilih perawatan rambut yang sesuai.

Secara umum type rambut ada 3 yaitu :

Tipe rambut lurus :  

Menemukan potongan rambut yang tepat untuk model rambut lurus mungkin terdengar mudah. Namun, jangan salah. Kadang, potongan yang tepat akan membuat rambutmu menjadi lepek dan kempes. Atau, bisa jadi ujungnya tidak ‘jatuh’ dengan sempurna. Nah, disini, kamu akan menemukan inspirasi untuk potongan rambut tepat si pemilik rambut lurus. Bisa kamu sesuaikan dengan bentuk wajah dan warna kulit juga. Pilih yang sesuai denganmu, Berikut adalah beberapa tips dari para professional salon Indonesia untuk kamu yang memiliki tipe rambut lurus.

Tips Potongan rambut lurus Tipis :

Rekomendasi dari Tria Beauty Salon bali

“Pemilik rambut tipis sebaiknya berhati-hati dalam memilih potongan rambut.

Untuk memberikan kesan tebal dan bervolume, sebaiknya beri layer pada sisi samping rambut. Saran kami, berikan layer tipis di bagian ujungnya untuk menambah dimensi rambut agar tidak terlihat terlalu monoton.”

Tips Potongan rambut lurus Tebal:

Rekomendasi dari Nattaya Salon Kendari

“Pemilik rambut tebal, agar tampak lebih modis berikan tambahan layer pada kedua sisi wajah agar terbentuk semi shaggy atau aksen poni panjang yang membingkai wajah dengan cantik.”

3.Tips Rambut Lurus untuk tampil beda:

Rekomendasi dari Regina Salon, Omah Smoothing Suroboyo

” Kamu tak melulu harus potong rambut menjadi pendek. Kamu bisa bereksperimen dengan memotong poni, yang saya rekomendasikan adalah poni depan, dengan gaya rata agar terlihat sedikit puffy dan tidak membosankan.”

Tipe Rambut Bergelombang :  

Rambut ini biasanya memiliki volume yang lebih tebal daripada tipe rambut lurus. Selain itu, rambut ini juga sangat mudah diatur dan bisa kamu tata dalam berbagai gaya. Ingin coba gaya rambut panjang bergelombang di tahun 2021? Pilihan kamu cukup tepat! Ada banyak keseruan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki rambut bergelombang.

Gaya bergelombang efektif untuk membuat rambut semakin bertekstur, dan menambah karakter pada potongan rambutmu. Berikut berbagai beberapa tips perawatan untuk rambut bergelombang rekomendasi hair professional salon :

1. Tips Rambut Ikal tidak mudah kusut

Rekomendasi dari Edo Rakasiwie / Yayang Salon

” Hindari memijat rambut terlalu lama dan pijat lembut hanya pada bagian akarnya (kulit kepala) saja kemudian bilas hingga bersih.
Gunakan conditioner sehabis keramas agar rambut tidak kusut. Conditioner berfungsi menutrisi kutikula rambut dan menutupnya kembali, sehingga rambut terjaga kelembabannya.”

2. Tips Rambut ikal tumbuh sehat

Rekomendasi dari Andy Omego

” Perawatan rambut berkala seperti Creambath  2 minggu sekali serta penggunaan produk perawatan rambut tambahan, seperti hairtonik atau serum rambut, dapat membantu meningkatkan kualitas pertumbuhan rambut.”

3. Tips Rambut ikal alami

Rekomendasi dari Cay Cay (Art Of Beauty)

” Jangan menunggu rambut kamu untuk kering terlebih dahulu untuk menguncirnya. Sambil menunggu rambut kering, cepol seluruh rambut keatas untuk membentuk rambut ikal alami dan tidak mengembang.”

Type Rambut Keriting :     

Secara alami, helaian rambut keriting berbentuk lebih pipih dibanding rambut lurus. Hal inilah yang membuatnya jadi mudah patah. Bentuknya yang meliuk-liuk pun membuat distribusi minyak ke akar jadi nggak merata, makanya perlu dilembapkan secara rutin.

Berikut beberapa perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan si pemilik rambut kering, rekomendasi para professional salon Indonesia :

1. Tips Rambut keriting tidak kusut

Rekomendasi dari Irwanto Salon Manado

” Daripada kamu menyisir rambutmu setelah kering, sebaiknya aplikasikan kondisioner ketika mandi dan segera sisir rambutmu di kamar mandi ketika basah. Dijamin rambut kamu bebas dari kusut dan tentunya akan lebih mudah disisir.”

2. Tips rambut keriting tidak tampak kering

Rekomendasi dari Afwo hair Design

” Ketika kamu keramas dan menggunakan conditioner, jangan bilas bersih bagian conditioner kamu. Biarkan sisanya menempel sedikit pada rambut kamu. Hal ini akan membuat rambut keriting kamu ter-moisturizing dengan lebih baik dan tidak membuat rambut keluar-keluar.”

3. Tips cara menyisir Rambut Keriting

Rekomendasi dari alynsalonansari

” Rambut keriting memiliki kecenderungan untuk lebih mudah rontok karena tersangkut di sisir. Nah, untuk mencegahnya, sebaiknya ketika menguraikan rambut yang kusut, gunakan jarimu atau menggunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut menjadi patah dan tetap menjaga bentuk rambut keritingmu.”

Setiap type rambut tentunya memerlukan perawatan intensif , miminal memakai shampoo yang sesuai dan dilakukan secara rutin sesuai kebutuhan (bisa setiap hari keramas atau dua hari sekali). Salah satunya shampoo CITRONE dari NR yang menjadi pilihan /rekomendasi hairdresser salon kecantikan.

Fungsi dan manfaatnya sebagai berikut :
Shampo untuk menjaga rambut tetap sehat tanpa lepek , mengatasi kulit kepala dan rambut berminyak, busa yang lembut untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dengan sempurna.

Cara pakai : Basahi rambut dan gunakan shampoo dengan memijat pada rambut secara lembut , bilas dan ulang apabila diperlukan.